Monday, April 6, 2015

Jual Resin - Harga Resun Kation Anion

Jual Resin - Harga Resun Kation Anion

Jual Resin - Harga Resun Kation Anion

RESIN SINTESIS PENUKAR ION

    Pada mulanya resin penukar ion yang digunakan adalah dari material alami, namun dengan semakin majunya teknologi dan ilmu pengetahuan, saat ini telah digunakan resin penukar ion sintetik yang di buat dari kapolimerisasi zat ? zat tertentu yang mengandung ion pelarutan sebagai gugus fungsinya. Pertukaran ion berlangsung dengan cara difusi fluida yang keluar masuk resin, sehingga ion-ion yang lebih besar dari ukuran tertentu tidak dapat bereaksi karena seleksi tertentu dari derajat ikatan silang resin. Gugus fungsi berupa asam atau basa yang diikat oleh polimer pembentuk resin dan menentukan sifat dasar dari resin yang dibentuk. Jumlah gugus fungsi persatuan berat resin menentukan kapsitas jasal atau kapasitas paritik pertukaran yang dinyatakan sebagai dry weight capasity (meq/g resin). Faktor lain yang mempengaruhi sifat resin adalah jenis gugus fungsi, yang menentukan jenis tipe resin penukar ion yang dibentuk dan di luar pengaruh terhadap kesetimbangan pertukaran dan selektivitas. Berdasarkan muatan ion yang dapat dipertukarkan, resin pertukaran ion dapat dikelompokkan menjadi:
Resin pertukaran kation
-    Resin penukar kation asam kuat.
Resin ini mengandung gugus fungsional yang diturunkan dari asam kuat yang beroperasi dengan siklus H (hidrogen) seperti asam sulfat. Regenerasi dilakukan dengan menggunakan larutan HCl atau H2SO4. Efisiensi dari regenerasi resin ini antara 30% sampai 40%.
-    Resin penukar kation asam lemah.
Resin ini mengandung gugus fungsional yang diturunkan dari asam lemah yang beroperasi dengan siklus karboksilat (R-COOH) seperti fenolat atau asam karboksilat. Resin ini hanya dapat memisahkan garam dari asam kuat dan basa kuat saja. Efisiensi dari regenerasi resin ini mendekati 100%.

    Resin pertukaran anion ( mengandung anion yang dapat dipertukarkan ). Resin ini dibagi menjadi 2 jenis, yaitu:
-    Resin penukar anion basa kuat. Resin ini mengandung gugus fungsional yang berasal dari gugus ammonium kuartener tipe I dan tipe II (R-NR3 : OH). Regenerasi dilakukan dengan menggunakan larutan NaOH atau NH4OH. Efisiensi dari regenerasi resin ini antara 30% sampai 50%.
-    Resin penukar kation asam lemah. Resin ini mengandung amina primer, sekunder dan atau tersier sebagai gugus fungsional (R-NH2). Resin ini hanya dapat memisahkan asam kuat, tetapi tidak bisa memisahkan asam lemah. Efisiensi dari regenerasi resin ini mendekati 100%.

    Proses pertukaran ion melibatkan reaksi kimia antara ion dalam fasa cair dengan ion dalam fasa padat. Ion-ion tertentu dalam larutan lebih mudah terserap oleh solid penukar ion, dan karena elektronetralitas harus dijaga, solid penukar melepas ion dan dipertukarkan ion dalam larutan. Dalam proses demineralisasi, maka sebagai contoh ; kation Na+ dan anion Cl disisihkan dari air dan solid resin melepas ion H+ untuk ditukar dengan ion Na+, serta OH- ditukar dengan Cl- dari air sehingga kandungan Na+ dan Cl- dalam air menjadi berkurang atau hilang.

Untuk info dan pemesanan hubungi : 

022-7239019
0821 4000 2080
0856 2476 9005
0857 2352 9677
0813 2259 9149

Pin BB: 29d2de88 
      32dbbfb0

No comments:

Post a Comment

Ady Water Jakarta

Penjelasan Pasir Silika/Kwarsa